sekitar 4000 F-16 sudah di produksi sejak 1976. Pesawat ini sudah tidak diproduksi untuk Angkatan Udara Amerika Serikat, tapi masih diproduksi untuk ekspor.
F-16 dikenal memiliki kemampuan tempur di udara yang sangat baik, dengan inovasi seperti tutup kokpit tanpa bingkai yang memperjelas penglihatan, gagang pengendali samping untuk memudahkan kontrol pada kecepatan tinggi, dan kursi kokpit yang dirancang untuk mengurangi efek g-force pada pilot. Pesawat ini juga merupakan pesawat tempur pertama yang dibuat untu menahan belokan pada percepatan 9g.
Pada tahun 1993, General Dynamics menjual bisnis produksi pesawat mereka kepada Lockheed Corporation, yang kemudian menjadi bagian dari Lockheed Martin setelah merger dengan Martin Marietta pada tahun 1995.
F-16 Fighting Falcon
Lainnya...
Kemampuan F-16
Pada tahun 1960-an, Angkatan Udara dan Angkatan Laut Amerika Serikat menyimpulkan bahwa masa depan pertempuran udara akan ditentukan oleh peluru kendali yang semakin modern. Dan bahwa pesawat tempur masa depan akan digunakan untuk mengejaran jarak jauh, berkecepatan tinggi, dan menggunakan sistem radar yang sangat kuat untuk mendeteksi musuh dari kejauhan. Ini membuat desain pesawat tempur masa ini lebih seperti interseptor daripada pesawat tempur klasik. Pada saat itu, Amerika Serikat menganggap pesawat F-111 (yang pada saat itu masih dalam tahap pengembangan) dan F-4 Phantom akan cukup untuk kebutuhan pesawat tempur jarak jauh dan menengah, dan didukung oleh pesawat jarak dekat bermesin tunggal seperti F-100 Super Sabre, F-104 Starfighter, dan F-8 Crusader.
Pada Perang Vietnam, Amerika Serikat menyadari bahwa masih banyak kelemahan pada pesawat-pesawat mereka. Peluru kendali udara ke udara pada masa itu masih memiliki banyak masalah, dan pemakaiannya juga dibatasi oleh aturan-aturan tertentu. Selain itu, pertempuran di udara lebih banyak berbentuk pertempuran jarak dekat dimana kelincahan di udara dan senjata jarak dekat sangat diperlukan.
Kolonel John Boyd mengembangkan teori tentang perawatan energi pada pertempuran pesawat tempur, yang bergantung pada sayap yang besar untuk bisa melakukan manuver udara yang baik. Sayap yang lebih besar akan menghasilkan gesekan yang lebih besar saat terbang, dan biasanya menghasilkan jarak jangkau yang lebih sedikit dan kecepatan maksimum yang lebih kecil. Boyd menganggap pengorbanan jarak dan kecepatan perlu untuk menghasilkan pesawat yang bisa bermanuver dengan baik. Pada saat yang sama, pengembangan F-111 menemui banyak masalah, yang mengakibatkan pembatalannya, dan munculnya desain baru, yaitu F-14 Tomcat. Dorongan Boyd tentang pentingnya pesawat yang lincah, gagalnya program F-111, dan munculnya informasi tentang MiG-25 yang saat itu kemampuan dibesar-besarkan membuat Angkatan Udara Amerika Serikat memulai perancangan pesawat mereka sendiri, yang akhirnya menghasilkan F-15 Eagle.
Pada saat pengembangannya, F-15 berevolusi menjadi besar dan berat seperti F-111. Ini membuat Boyd frustrasi dan ia pun meyakinkan beberapa petinggi Angkatan Udara lain bahwa F-15 membutuhkan dukungan dari pesawat tempur yang lebih ringan. Grup petinggi Angkatan Udara ini menyebut diri mereka "fighter mafia", dan mereka bersikeras akan dibutuhkannya program Pesawat Tempur Ringan (Light Weight Fighter, LWF).
Pada Mei 1971, Kongres Amerika Serikat mengeluarkan laporan yang mengkritik tajam program F-14 dan F-15. Kongres mengiyakan pendanaan untuk program LWF sebesar US$50 juta, dengan tambahan $12 juta pada tahun berikutnya. Beberapa perusahaan memberikan proposal, tetapi hanya General Dynamics dan Northrop yang sebelumnya sudah memulai perancangan dipilih untuk memproduksi prototip. Pesawat mereka mulai diuji pada tahun 1974. Program LWF awalnya merupakan program evaluasi tanpa direncanakan pembelian versi produksinya, tetapi akhirnya program ini dirubah namanya menjadi Air Combat Fighter, dan Angkatan Udara AS mengumumkan rencana untuk membeli 650 produk ACF. Pada tanggal 13 Januari 1975 diumumkan bahwa YF-16 General Dynamics mengalahkan saingannya, YF-17.
The YF-16 adalah pesawat pertama di dunia yang sengaja dirancang untuk sedikit aerodinamis tidak stabil. Teknik ini, disebut "stabilitas statis santai" (RSS), didirikan untuk lebih meningkatkan kinerja manuver pesawat. Kebanyakan pesawat dirancang dengan stabilitas statis positif, yang mendorong pesawat untuk kembali ke sikap aslinya berikut gangguan. Ini menghambat manuver, sebagai kecenderungan untuk tetap dalam sikap saat ini menentang upaya pilot untuk manuver, di sisi lain, sebuah pesawat dengan stabilitas statis negatif akan, dengan tidak adanya masukan kontrol, mudah menyimpang dari tingkat dan penerbangan dikendalikan. Oleh karena itu, pesawat dengan stabilitas statis negatif akan lebih banyak bermanuver dari satu yang positif stabil. Ketika supersonik, pesawat negatif stabil sebenarnya pameran yang lebih positif-berarah (dan dalam kasus F-16, jaring positif) stabilitas statis karena pergeseran gaya aerodinamika belakang antara penerbangan subsonik dan supersonik. Pada kecepatan subsonik tempur ini terus di ambang keluar dari kendali.
Mekanika Penggerak F-16
Turbofany yang pertama dipilih untuk tunggal F-16 bermesin adalah Pratt & Whitney F100-PW-200 turbofan afterburning, sedikit versi modifikasi dari F100-PW-100 yang digunakan oleh F-15. Rated di 23.830 lbf (106,0 kN) dorong, itu tetap F-16 mesin standar melalui Blok 25, kecuali untuk yang baru-membangun 15s Blok dengan Kemampuan Operasional Upgrade (OCU). Para OCU memperkenalkan 23.770 lbf (105,7 kN) F100-PW-220, yang juga diinstal pada Blok 32 dan 42 pesawat, sedangkan tidak menawarkan perbedaan penting di dorong, itu memperkenalkan Digital Electronic Engine Control (DEEC) unit yang diperbaiki keandalan dan mengurangi risiko kios mesin (kecenderungan sesekali tidak disukai dengan yang asli "-200" yang mengharuskan mesin udara restart). Diperkenalkan pada garis-16 F produksi pada tahun 1988, "-220" juga menggantikan F-15's "-100," demikian memaksimalkan kesamaan. Banyak dari "-220" mesin jet pada Blok 25 dan pesawat kemudian ditingkatkan dari pertengahan 1997 sampai standar "-220E", yang selanjutnya meningkatkan keandalan dan maintainability, termasuk pengurangan 35% dari tingkat mesin terjadwal penghapusan.
Pengembangan F100-PW-220/220E merupakan hasil dari Angkatan Udara program Fighter Alternatif Engine (AFE) (bahasa sehari-hari dikenal sebagai "Mesin Perang Besar"), yang juga melihat masuknya General Electric sebagai F-16 penyedia mesin . F110 Its-GE-100 turbofan dibutuhkan modifikasi inlet F-16; inlet asli terbatas dorong maksimum jet GE untuk 25.735 lbf (114,5 kN), sedangkan Modular baru Common Inlet Duct diperbolehkan F110 untuk mencapai dorong maksimum sebesar 28.984 lbf (128,9 kN) di afterburner. (Untuk membedakan antara pesawat dilengkapi dengan dua mesin dan inlet, dari seri 30 Blok pada, blok berakhiran "0" (misalnya, Blok 30) yang didukung oleh GE, dan blok berakhir di "2" (misalnya, Blok 32) dilengkapi dengan mesin Pratt & Whitney.)
Pengembangan lebih lanjut oleh pesaing di bawah upaya Engine Peningkatan Kinerja (IPE) menyebabkan 29.588 lbf (131,6 kN) F110-GE-129 di Blok 50 dan 29.100 lbf (129,4 kN) F100-PW-229 di Blok 52. F-16 mulai terbang dengan mesin ini IPE pada tanggal 22 Oktober 1991 dan 22 Oktober 1992, masing-masing. Secara keseluruhan, dari 1.446 F-16C/Ds diperintahkan oleh USAF, 556 telah dilengkapi dengan mesin F100-seri dan 890 dengan F110s. ] The United Arab Emirates 'Blok 60 ini didukung oleh turbofan General Electric F110-GE-132 , yang dinilai di dorong maksimum 32.500 lbf (144,6 kN), tertinggi yang pernah dikembangkan untuk pesawat F-16
Salah satu fitur yang lebih penting dari sudut pandang pilot adalah sudut pandang yang luar biasa luas, sudut pandang F-16 dari kokpit, sebuah fitur yang sangat penting selama udara-untuk memerangi-udara. Potongan-tunggal, gelembung polycarbonate burung-bukti kanopi menyediakan visibilitas 360 ° semua-bulat, dengan sudut 40 ° melihat-down ke sisi pesawat, dan 15 ° ke bawah hidung (dibandingkan dengan yang lebih umum 12-13 ° dari pendahulunya); kursi pilot dipasang pada jalur tumit tinggi untuk mencapai hal ini. Selanjutnya, kanopi F-16 tidak memiliki frame ke depan busur ditemukan pada sebagian besar pejuang, yang menghambat beberapa visi ke depan pilot. (Panjang pengaturan tandem dua-kursi F-16 membutuhkan bingkai struktural antara para pilot.)
F-16 kokpit juga memiliki head up display (HUD), yang proyek penerbangan visual dan informasi tempur dalam bentuk simbol dan karakter alfanumerik di depan pilot tanpa menghalangi pandangannya. Mampu menjaga kepalanya "keluar dari kokpit" lebih meningkatkan kesadaran situasional pilot apa yang terjadi di sekitar dia Boeing Joint Helmet Mounted isyarat System (JHMCS). Juga tersedia dari Blok 40 dan seterusnya untuk digunakan dengan tinggi-off -boresight udara-ke-udara rudal seperti AIM-9X. JHMCS izin cuing sistem senjata ke arah di mana kepala pilot menghadap-bahkan luar lapangan HUD pandang-sambil tetap mempertahankan kesadaran situasional nya JHMCS ini. Pertama operasional digunakan selama Operasi
Varian
Varian F-16 ditandai oleh nomer blok yang menandakan pembaruan yang signifikan. Blok ini mencakup versi kursi tunggal dan kursi ganda.
F-16 A/B
F-16A Norwegia diatas daerah Balkan.
F-16
A/B awalnya dilengkapi Westinghouse AN/APG-66 Pulse-doppler radar,
Pratt & Whitney F100-PW-200 turbofan, dengan 14.670 lbf (64.9 kN),
23.830 lbf (106,0 kN) dengan afterburner. Angkatan Udara AS membeli 674
F-16A dan 121 F-16B, pengiriman selesai pada Maret 1985.Blok 1
Blok awal (Blok 1/5/10) memiliki relatif sedikit perbedaan. Sebagian besar diperbarui menjadi Blok 10 pada awal 1980-an. Ada 94 Blok 1, 197 Blok 5, dan 312 Blok 10 yang diproduksi. Blok 1 model awal produksi dengan hidung dicat hitam.
Blok 5
Diketahui kemudian bahwa hidung hitam menjadi identifikasi visual jarak jauh untuk pesawat Blok 1, sehingga warnanya diubah menjadi abu-abu untuk Blok 5 ini. Pada F-16 Blok 1, ditemukan bahwa air hujan dapat berkumpul pada beberapa titik di badan pesawat, sehingga untuk Blok 5 dibuat lubang saluran air.
Blok 10
Pada akhir 1970-an, Uni Soviet secara signifikan mengurangi ekspor titanium, sehingga produsen F-16 mulai menggunakan alumunium. Metode baru pun dilakukan: aluminum disekrup ke permukaan pesawat Blok 10, menggantikan cara pengeleman pada pesawat sebelumnya.
Blok 15
Perubahan besar pertama F-16, pesawat Blok 15 ditambahkan stabiliser horizontal yang lebih besar, ditambah dua hardpoint di bagian dagu, radar AN/APG-66 yang lebih baru, dan menambah kapasitas hardpoint bawah sayap. F-16 diberikan radio UHF Have Quick II. Blok 15 adalah varian F-16 yang paling banyak diproduksi, yaitu 983 buah. Produksi terakhir dikirim pada tahun 1996 ke Thailand. Indonesia memiliki varian ini sebanyak 12 unit.
Blok 15 OCU
Mulai tahun 1987 pesawat Blok dikirim ke dengan memenuhi standar Operational Capability Upgrade (OCU), yang mencakup mesin F100-PW-220 turbofans dengan kontrol digital, kemamampuan menembakkan AGM-65, AMRAAM, dan AGM-119 Penguin, serta pembaruan pada kokpit, komputer, dan jalur data. Berat maksimum lepas landasnya bertambah menjadi 17.000 kg. 214 pesawat menerima pembaruan ini, ditambah dengan beberapa pesawat Blok 10.
Blok 20
150 Blok 15 OCU untuk Taiwan dengan tambahan kemampuan yang serupa dengan F-16 C/D Blok 50/52: menembakkan AGM-45 Shrike, AGM-84 Harpoon, AGM-88 HARM, dan bisa membawa LANTIRN. Komputer pada Blok 20 diperbarui secara signifikan, dengan kecepatan proses 740 kali lipat, dan memori 180 kali lipat dari Blok 15 OCU.
Spesifikasi (F-16C Blok 30)
Karakteristik umum
Kru: 1
Panjang: 49 ft 5 in (14.8 m)
Lebar sayap: 32 ft 8 in (9.8 m)
Tinggi: 16 ft (4.8 m)
Area sayap: 300 ft² (27.87 m²)
Airfoil: NACA 64A204 root and tip
Berat kosong: 18,238 lb (8,272 kg)
Berat terisi: 26,463 lb (12,003 kg)
Berat maksimum lepas landas: 42,300 lb (16,875 kg)
Mesin: 1× Pratt & Whitney F100-PW-220 afterburning turbofan
Dorongan kering: 14,590 lbf (64.9 kN)
Dorongan dengan afterburner: 23,770 lbf (105.7 kN)
Alternate powerplant: 1× General Electric F110-GE-100 afterburning turbofan
Dry thrust: 17,155 lbf (76.3 kN)
Thrust with afterburner: 28,985 lbf (128.9 kN)
Performa
Kecepatan maksimum: >Mach 2 (1,320 mph, 2,124 km/h) at altitude
Radius tempur: 340 mi (295 nm, 550 km) on a hi-lo-hi mission with six 1,000 lb (450 kg) bombs
Jarak jangkau ferri: >3,200 mi (2,800 nm, 4,800 km)
Batas tertinggi servis: >55,000 ft (15,000 m)
Laju panjat: 50,000 ft/min (260 m/s)
Beban sayap: 88.2 lb/ft² (431 kg/m²)
Dorongan/berat: F100 0.898; F110 1.095
Persenjataan
Senjata api: 1× 20 mm (0.787 in) M61 Vulcan gatling gun, 511 rounds
Roket: 2¾ in (70 mm) CRV7
Rudal:
Air-to-air missiles:
6× AIM-9 Sidewinder or
6× AIM-120 AMRAAM or
6× Python-4
Air-to-ground missiles:
6× AGM-65 Maverick or
4× AGM-88 HARM
Anti-ship missiles: 4× AGM-119 Penguin
Bom:
2× CBU-87 cluster
2× CBU-89 gator mine
2× CBU-97
4× GBU-10 Paveway
6× GBU-12 Paveway II
6× Paveway-series laser-guided bombs
4× JDAM
4× Mk 80 series
B61 nuclear bomb
Lainya:
SUU-42A/A Flares/Infrared decoys dispenser pod and chaff pod or
AN/ALQ-131 & AN/ALQ-184 ECM pods or
LANTIRN, Lockheed Martin Sniper XR & LITENING targeting pods or
up to 3× 300/330/370 US gallon Sargent Fletcher drop tanks for ferry flight/extended range/loitering time.
Avionik
AN/APG-68 radar